Tuesday, October 30, 2007

Ayam Bungkus Daun Pandan

Kai Hoh Bai Toey alias Chicken wrapped in Pandan leaf atau Ayam bungkus daun pandan adalah salah satu masakan Thai yang populer. Membuatnya mudah dan rasanya khas. Selamat mencoba!
Bahan:
1/2 kg daging ayam bagian dada
2 sdm santan
2 sdm kecap ikan
2 sdm saus tiram
2 sdm tepung beras
1 sdm minyak wijen
1 sdm irisan bawang putih
1 sdm irisan bawang merah
1 sdm irisan jahe
Daun pandan sejumlah potongan ayam (ukuran besar lebih baik)
Saus:
2 sdm gula pasir
5 sdm cuka
garam secukupnya
1 sdm irisan cabe merah keriting
Cara membuat:
1. Potong-potong ayam bentuk bujursangkar dengan lebar kurang lebih 7 cm
2. Campurkan dalam satu wadah: saus tiram, santan, kecap ikan, minyak wijen, bawang putih, bawang merah, jahe, tepung beras. Aduk rata. Masukkan ayam yang sudah dipotong-potong. Campur sampai seluruh bumbu menyerap pada ayam. Diamkan kurang lebih 3 jam. Untuk mempermudah mencampur: campuran bumbu dimasukkan pada plastik zip, masukkan ayam, tutup zipnya dan remas-remas plastik supaya ayam terlumuri seluruh bumbu.
3. Setelah 3 jam, bungkus masing-masing ayam dengan 1 helai daun pandan. Letakkan ayam ditengah-tengah daun, kemudian gulung dengan daun, bagian belakang disematkan pada lipatan daun. Atau jika sulit, gunakan tusuk gigi/lidi pada bagian ujung untuk menutup lipatan.
4. Kukus ayam yang sudah dibungkus dengan daun pandan selama kurang lebih 10 menit.
5. Goreng dalam minyak yang panas dan banyak, sampai kecoklatan dan daun kering.
6. Buat sausnya: campurkan gula dan cuka dalam wajan kecil, aduk-aduk sampai volumenya berkurang setengah. Masukkan irisan cabe, lalu matikan api. Tunggu sampai agak dingin

No comments: